Sabtu, 09 Februari 2013


Dampak perang dunia 1 :

1.Bidang Politik 
a) Wilayah Negara yang kalah yang semakin sempit, sedangkan wilayah Negara pemenang semakin luas.
b) Di Eropa timur timbul Negara-negara baru, seperti Polandia, Cekosiowakia, Yugoslavia, dan Hongaria. Di Timur Tengah timbul negara-negara baru, seperti Irak, Saudi Arabia, Iran, Yordania, Syria, dan Mesir.
c) Kegagalan liberalisme mengatasi kekacauan dan kesulitan akibat perang mengakibatkan totalitarisme di berbagai negara. Di Italia lahir fasisme, di Jerman timbul Nazisme, di Jepang timbul militerisme, dan di Rusia timbul komonisme.

2. Bidang Sosial
a) Peranan kaum buruh sangat penting selama perang, mereka berperan dalam industri mesin perang. Setelah perang kedudukan mereka semakin penting, dilatar belakangi oleh semakin kuatnya sosialisme dan komonisme.
b) Peran kaum wanita pun penting selama perang karena menangani kesehatan dan menggantikan pekerjaan pria. Setelah perang, tuntutan emansipasi wanita semakin kuat.
c) Pengalaman dimasa perang memunculkan keinginan untuk  memelihara perdamaian dunia. Pada tahun 1919, dibentuk Liga Bangsa-Bangsa (League Of Nations).

3. Bidang Ekonomi
a) Perekonomian mengalami krisis setelah perang. Banyak Negara mengalami kebangkrutan. Puncak depresi ekonomi terjadi pada tahun 1929, dikenal sebagai zaman malaise.
 b) Memburuknya perekonomian dunia memunculkan anggapan bahwa kapitalisme gagal. Sebagai gantinya, banyak negara menerapkan etatisme, dimana perekonomian dikendalikan oleh Negara.

Diposkan oleh Herdy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar